Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ubah Nada Anda

Dunia PR mendapat manfaat dari perubahan dramatis dalam cara liputan media disampaikan secara elektronik ke desktop komputer atau PDA pilihan Anda. Mungkin gangguan tinta di jari Anda digantikan oleh kasus buruk "BlackBerry thumb" -- tetapi bagaimanapun, mendapatkan liputan media Anda secara elektronik tidak pernah semudah ini atau lebih mobile.


Perubahan ini sekarang mendorong pengembangan alat baru dari penyedia konten, dan program perangkat lunak baru untuk membantu mengelola dan menganalisis liputan media dengan lebih baik. Otomatisasi yang terjadi di tingkat basis data dan melalui pengiriman berita organisasi secara real-time, kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal, sekarang hampir dianggap remeh. Dan cawan suci PR -- untuk mengotomatisasi analisis dan pengukuran media -- sudah berjalan; tetapi di mana perangkat lunak harus berhenti untuk memberi jalan bagi analisis manusia?.


Program analisis media dapat menghemat waktu berjam-jam untuk menghitung dan menyortir liputan media dengan cara yang tidak terbatas, termasuk berdasarkan sirkulasi, wilayah, kesetaraan iklan, program dan layanan perusahaan, dan merek kompetitif. Namun, apakah Anda benar-benar menginginkan program komputer yang memenuhi syarat bagaimana setiap cerita memengaruhi organisasi Anda? Ini adalah pertaruhan dengan sedikit keuntungan.


Katakan saja tidak

Otomatisasi nada dan sentimen telah dimasukkan ke dalam beberapa program perangkat lunak, tetapi seberapa akuratkah itu? Setiap cerita, di setiap media, akan memiliki makna atau dampak yang sangat berbeda bagi berbagai organisasi dan pemangku kepentingan mereka. Di balik berita itu muncul pemenang dan pecundang.


Misalnya, jika cerita negatif pecah tentang pemogokan di satu pabrik pembotolan, itu akan menjadi keuntungan bagi para pesaingnya. Kemampuan untuk menentukan perusahaan mana yang terkena dampak negatif dari berita tersebut sangat terbatas. Lebih jauh lagi, memahami nada sebenarnya atau kemungkinan bias yang sedang berlangsung dari reporter tentang suatu masalah tidak mungkin dilakukan secara otomatis. Berita adalah tentang menyampaikan fakta, seperti juga memprovokasi reaksi atau emosi dari pembaca. Solusi analisis media tentu dapat membantu menguraikan fakta, tetapi sisanya harus diserahkan kepada tim profesional komunikasi.


Terlalu Subyektif?

Argumen menentang pengencangan liputan media seringkali terlalu subjektif -- jika berita dapat ditafsirkan berbeda oleh setiap individu, bukankah pada akhirnya akan mencondongkan hasil? Cukup benar -- tetapi ini dapat dengan mudah diselesaikan dengan pengenalan 'kartu skor' standar nada yang diterapkan secara konsisten pada setiap cerita.


Kartu skor ini dapat sangat bervariasi, tergantung pada jenis analisis yang ingin Anda berikan pada akhirnya. Banyak organisasi akan memilih untuk menonjolkan cerita dengan memeringkatnya sebagai positif, netral, atau negatif.


Penggunaan 3 kata ini saja dapat menyebabkan masalah subjektivitas. Seiring dengan brainstorming tim dan sesi pelatihan tentang bagaimana nada dapat diterapkan, satu perbaikan cepat adalah dengan menggunakan C.B.S. Kartu skor sebagai gantinya:



Gunakan Kritis (sebagai ganti Negatif.)

Gunakan Balanced (sebagai pengganti Netral)

Gunakan Supportive (di tempat Positif)


Setelah membaca sebuah artikel, jauh lebih mudah untuk menjawab pertanyaan "Apakah cerita itu kritis, seimbang, atau mendukung organisasi kita?" Alih-alih: "Apakah cerita itu negatif, netral, atau positif?"


Dalam hal nada, itu tidak akan selalu hitam atau putih, tetapi saya lebih suka menyerahkan zona abu-abu kepada seorang profesional komunikasi yang terlatih daripada menebak-nebak aplikasi perangkat lunak.


Dalam hal nada, itu tidak akan selalu hitam atau putih, tetapi saya lebih suka menyerahkan zona abu-abu kepada seorang profesional komunikasi yang terlatih daripada menebak-nebak aplikasi perangkat lunak.


Di luar peringkat artikel berdasarkan nada menggunakan C.B.S. Kartu skor, metrik dan makna lainnya dapat digunakan bersama-sama untuk membuat dan bahkan analisis yang lebih kuat. Kartu skor berikut menggunakan rentang kartu skor, dari - 5 hingga + 5, untuk memberikan analisis yang lebih mendalam.


Kriteria Penilaian

+5 Sebutan yang Mendukung + empat dari berikut ini: Pesan Utama; Wawancara; Foto; Panggilan untuk bertindak

+4 Dukungan Sebutan + tiga dari berikut ini: Pesan Utama; Wawancara; Foto; Panggilan untuk bertindak

+3 Dukungan Menyebutkan + dua dari berikut ini: Pesan Utama; Wawancara; Foto; Panggilan untuk bertindak

+2 Sebutan yang Mendukung + salah satu dari berikut ini: Pesan Utama; Wawancara; Foto; Panggilan untuk bertindak

+1 Mendukung

0 Seimbang

-1 Kritis

-2 Sebutan Kritis + salah satu dari berikut: Sebutan Eksekutif Negatif, Sebutan Positif Pesaing; Pengaduan Langsung Konsumen; Masalah yang sedang berlangsung

-3 Sebutan Kritis + dua dari berikut: Sebutan Eksekutif Negatif, Sebutan Pesaing Positif; Pengaduan Langsung Konsumen; Masalah yang sedang berlangsung

-4 Sebutan Kritis + tiga dari berikut ini: Sebutan Eksekutif Negatif, Sebutan Pesaing Positif; Pengaduan Langsung Konsumen; Masalah yang sedang berlangsung

-5 Sebutan Kritis + empat dari berikut ini: Sebutan Eksekutif Negatif, Sebutan Pesaing Positif; Pengaduan Langsung Konsumen; Masalah yang sedang berlangsung


Setelah setiap cerita kencang, sisa analisis dapat diotomatisasi oleh solusi perangkat lunak Anda. Nada dapat digunakan secara independen untuk menentukan keberhasilan kampanye berdasarkan persentase C.B.S. cerita, tetapi nada juga dapat digunakan bersama analisis lainnya untuk mengidentifikasi kemungkinan bias media atau area masalah berdasarkan wilayah atau publikasi. Media selalu menganalisis organisasi Anda… mengapa tidak membalas budi?


Teknologi pemantauan dan analisis media baru tentu saja mengubah wajah aktivitas hubungan media dan memberikan pengembalian investasi yang sangat besar, tetapi menentukan dampak berita pada organisasi Anda harus tetap berada di tangan manusia untuk saat ini.